Skip to main content

Featured

Fakta bahasa orang china

🇨🇳 Mereka mengatakan bahasa Cina sangat sulit. Namun di sisi lain, budaya Tiongkok kuno kaya penuh misteri dan keindahan.  Lebih dari 1,3 miliar orang berbicara bahasa Cina. Mari kita bagikan beberapa fakta menarik.  🀄 Bahasa ini dianggap yang tertua di antara dialek yang ada.  🀄 Orang-orang Cina memiliki beberapa dialek. Mereka berasal dari provinsi yang berbeda dalam periode waktu yang berbeda. Kadang-kadang bahkan penduduk daerah tetangga tidak dapat melakukan dialog satu sama lain tentang topik sehari-hari.  🀄 Dialek yang paling banyak digunakan adalah Mandarin (Mandarin). Ini juga disebut "jeruk keprok".  🀄 Menulis berjalan dari atas ke bawah dan dari kanan ke kiri. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, orang Cina lebih suka menggunakan aksara Eropa tradisional.  🀄 Karena kompleksitasnya, bahasa Cina bahkan terdaftar dalam Guinness Book of Records. Tetapi tata bahasanya cukup sederhana. Misalnya, tidak ada tanda baca sama sekali.  🀄 Bahasa Cina hampir tidak memin

Sekilas fakta 50 negara

 

    Halo penikmat layar smartphone , tulisan ini adalah tentang kilas fakta 50 negara ,yuk langsung di baca apa sih kilas fakta-faktanya .




1. Rusia adalah negara terbesar di dunia dalam hal luas. Ini menempati lebih dari seperdelapan dari luas daratan dunia dan mencakup 11 zona waktu.

2. China adalah negara terpadat di dunia China memiliki populasi lebih dari 1,4 miliar orang, yaitu sekitar 18% dari total populasi dunia.

3. Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia dalam hal populasi dan wilayah. Ini hanya menempati 44 hektar dan memiliki sekitar 800 penduduk.

4. Di Bhutan, sebuah negara kecil di Himalaya, ukurannya bukan PDB, tetapi tingkat kebahagiaan nasional. Ini adalah satu-satunya negara di dunia yang melakukan hal ini.

5. Antartika adalah satu-satunya benua tanpa penduduknya sendiri. Benua ini, yang hampir seluruhnya terdiri dari es, adalah rumah bagi stasiun ilmiah di banyak negara.

6. Liechtenstein adalah salah satu negara terkecil di dunia, yang selama perang "melupakan" 80 tentaranya dan membawa 81 karena mereka menjemput "teman" Italia.

7. Monako adalah negara terpadat di dunia Lebih dari 18 ribu orang tinggal di sini di setiap kilometer persegi

8. Kanada memiliki garis pantai terbesar dari negara mana pun di dunia, mencakup lebih dari 202 ribu kilometer.

9. Australia adalah satu-satunya negara yang menempati seluruh benua. Ia juga dikenal karena faunanya yang unik, termasuk kanguru, koala, dan setan berkantung.

10. Brasil adalah rumah bagi Hutan Hujan Amazon, hutan hujan terbesar di dunia, yang merupakan rumah bagi sekitar 3 juta spesies hewan dan tumbuhan.

11. Mongolia adalah negara terpadat di dunia dengan kepadatan penduduk sekitar 2 orang per kilometer persegi.

12. Di Greenland, yang merupakan negara otonom di Denmark, gletser dan ladang es menutupi sekitar 80% wilayah.

13. Bangladesh memiliki kepadatan penduduk tertinggi dari negara-negara yang bukan negara-kota. Lebih dari 160 juta orang tinggal di sini.

14. Sudan adalah rumah bagi lebih banyak piramida daripada Mesir. Sebagian besar dari mereka dibangun untuk raja-raja Kush, yang memerintah daerah itu pada abad ke-8 hingga ke-4 SM.

15. Jepang dikenal dengan pohon sakuranya, yang mekar setiap tahun di musim semi selama acara yang dikenal sebagai "Hanami".

16. Finlandia dikenal sebagai "tanah seribu danau" karena memiliki lebih dari 187.888 danau - lebih banyak dari negara lain di dunia.

17. Belgia dikenal dengan cokelatnya dan menghasilkan lebih dari 220 ribu ton per tahun.

18. Nepal adalah satu-satunya negara dengan bendera non-segi empat. Dua persegi panjangnya mewakili pegunungan Himalaya dan dua agama utama negara itu: Buddha dan Hindu.

19. India adalah negara terpadat kedua di dunia. Industri film India, yang dikenal sebagai Bollywood, memproduksi lebih banyak film per tahun daripada Hollywood.

20. Selandia Baru adalah lokasi syuting untuk saga film Lord of the Rings. Adegan yang berlatar di Middle-earth difilmkan di berbagai lokasi di seluruh negeri.

21. Di Korea Selatan, "White Days Day" dirayakan setiap tahun pada tanggal 14 Maret, ketika pria memberikan hadiah kepada wanita.

22. Chili adalah negara terpanjang dari utara ke selatan. Panjangnya sekitar 4.300 kilometer tetapi lebarnya hanya 177 kilometer.

23. Bhutan adalah satu-satunya negara di dunia di mana merokok sepenuhnya dilarang.

24. Ada lebih dari 1.500 bir berbeda di Jerman.

25. Austria adalah tempat kelahiran komposer terkenal Mozart dan dikenal dengan budaya musiknya.

26. Swiss dikenal dengan jam tangannya. Jam tangan Swiss dianggap sebagai yang terbaik dan paling akurat di dunia.

27. Laos memiliki 4,9 gajah dewasa per penduduk, menjadikannya negara dengan proporsi gajah per kapita tertinggi.

28. Italia memiliki sekitar 3.000 museum dan situs bersejarah, menjadikannya salah satu negara dengan atraksi budaya terbanyak.

29. Jordan adalah rumah bagi Petra, salah satu dari 7 Keajaiban Dunia Baru. Kota arkeologi ini diukir langsung ke batu sekitar 2.000 tahun yang lalu.

30. Di Yunani, hampir 80% dari total wilayah bergunung-gunung, menjadikannya salah satu negara paling bergunung di Eropa.

31. Maroko adalah satu-satunya negara di Afrika di mana bahasa Inggris atau Prancis bukan bahasa resmi. Bahasa Arab dan Berber digunakan di sini.

32. Islandia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia tanpa kekuatan militer. Ini juga dianggap sebagai negara paling damai di dunia menurut Indeks Perdamaian.

33. Mali adalah rumah bagi kota kuno Timbuktu, yang merupakan pusat pembelajaran utama pada abad ke-15 dan ke-16.

34. Papua Nugini memiliki keanekaragaman hayati tertinggi dari pulau manapun di dunia.

35. Belanda adalah salah satu negara paling datar di dunia. Sekitar 26% wilayahnya berada di bawah permukaan laut.

36. Sri Lanka adalah salah satu eksportir teh terbesar di dunia.

37. Panama adalah satu-satunya tempat di dunia di mana Anda dapat melihat matahari terbit di atas Samudra Pasifik dan terbenam di Samudra Atlantik.

38. Bolivia adalah rumah bagi Salar de Uyuni, danau garam terbesar di dunia.

39. Polandia adalah tempat kelahiran Marie Skłodowska-Curie, wanita pertama yang memenangkan Hadiah Nobel.

40. Di Afghanistan, ada Lembah Bamiyan, di mana dua patung Buddha besar dihancurkan pada tahun 2001.

41. Irlandia memiliki lebih banyak pub daripada negara lain di dunia per kapita.

42. Vietnam adalah salah satu eksportir beras terbesar di dunia.

43. Senegal adalah rumah bagi Pulau Gorky, yang dikenal sebagai tempat perdagangan budak.

44. Portugal adalah negara tertua di Eropa yang memiliki perbatasan saat ini.

45. Estonia memiliki lebih banyak meter internet per orang daripada negara lain di dunia.

46. Meksiko adalah rumah bagi piramida terbesar di dunia berdasarkan volume, Piramida Cholula.

47. Nigeria adalah negara terpadat di Afrika.

48. Di Kuba, dilarang menjual komputer kepada siapa saja yang belum menerima izin khusus dari pemerintah.

49. Israel adalah rumah bagi kota Yerusalem, yang merupakan tempat suci bagi tiga agama besar dunia: Yudaisme, Kristen, dan Islam.

50. Siprus adalah satu-satunya negara yang bendera nasionalnya berisi peta negara.

Comments

Popular Posts